#SharingBareng Part 1: Belajar Edit Foto Dari Lightroom

Foto di atas adalah hasil edit menggunakan aplikasi Lightroom CC

Apa sih Lightroom itu?
Lightroom adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk meng-edit foto selain aplikasi PhotoShop (PS). Tetapi, Lightroom lebih simpel penggunaannya ketimbang PS.

Apa sih perbedaan Lightroom di PC dengan Lightroom CC?
Tentu perbedaannya terletak pada kapasitas aplikasinya, selain itu penggunaannya juga lebih praktis di handphone ketimbang di PC.

#SharingBareng Part 1 kali ini aku bakal bahas basic penggunaan Lightroom.

Gambar di samping merupakan penampakan awal foto setelah ditambahkan ke Lightroom CC. Aku akan jelasin satu-persatu tools yang aku gunakan di dalam foto tersebut. Beberapa tools yang sering aku gunakan: light, color, effects, detail, dan preset.




Pertama
Kalian klik tools-light. Light di sini berfungsi sebagai pengaturan cahaya dalam foto. Di dalam light terdapat komponen-komponen seperti: Exposure, Contrast, Highlight, Shadows, Whites, dan Blacks. Berikut penggunaan beberapa komponen dalam light di foto:
 -Exposure: Semakin tinggi, semakin terang foto. Semakin rendah (-) semakin redup foto yang dihasilkan.
-Contrast: Untuk mempertajam foto, semakin tinggi, semakin tajam foto yang dihasilkan.
-Highlight: Sama dengan exposure.
-Shadows: Menambah efek redup dan terang dalam foto.
-Whites: Jika ada warna putih, komponen ini dapat di andalkan.
-Blacks: Jika ada warna gelap, komponen ini juga dapat membantu kalian.

Kedua
Kalian klik tools-color. Color berfungsi untuk mengatur warna di dalam foto kalian. Ibaratnya menambah kesan dramatic di dalam foto. Dalam color terdapat komponen: B&W, MIX, Temp, Tint, Vibrance, dan Saturation. Berikut penggunaan komponen dalam color di foto:
-Temp: Jika ke kiri foto akan sejuk (biru), jika ke kanan foto akan hangat (kuning-oranye).
-Tint: Fungsinya sama dengan Temp, bertujuan mempertajam warna yang kalian pilih.
-Vibrance: Fungsinya untuk menambah tone warna menjadi hidup. Tapi jika penggunaannya terlalu berlebihan akan membuat foto menjadi aneh.
-Saturation: Saturasi warna dalam foto.

Kemudian kalian beralih ke komponen MIX. Dalam komponen ini kalian dapat ber-eksperimen dengan beberapa warna yang tersedia.
Foto di samping aku menggunakan warna orange, karena sesuai dengan foto sunset. Jadi, warna ini bertujuan memper-cantik warna matahari dan langit sorenya.

Selanjutnya, aku menggunakan warna biru tua, agar warna langitnya lebih hidup.
Jadi, penggunaan warna di sini tergantung komponen warna di dalam foto kalian.






Ketiga
Kalian lanjut ke tools-effects. Effects berfungsi untuk menambah kesan pada hasil foto kalian. Di dalam effects terdapat komponen: Clarity, Dehaze, Vignette, dan Grain Amount. Berikut contoh penggunaan komponen effects di foto:
-Clarity: Berfungsi untuk menambah ketajaman dalam foto. Jika ke kiri, foto akan lebih terang.
-Dehaze: Penggunaannya sama seperti clarity.
-Vignate: Untuk menambah kesan warna gelap-terang dalam bentuk bulat. Ini jarang aku gunakan.
-Grain Amount: Berfungsi untuk menambah bintik-bintik pada foto, seperti kebanyakan selebgram. Grain Amount lebih bagus digunakan untuk foto selfie.

Ke-empat
Langkah selanjutnya kalian ke tools-detail. Detail berfungsi untuk menambah kesan detail pada warna dan foto. Dalam detail terdapat komponen: Sharpening, Noise Reduction, dan Color Noise Reduction. Berikut contoh penggunaan komponen detail di foto:
-Sharpening: Berfungsi menambah kesan objek lebih jelas. Ini jarang aku gunakan karena aku lebih suka menambah contrast dan clarity.
-Noise Reduction: Berfungsi untuk memperbaiki kesalahan pada foto (detail, contrast) yang over.
-Color Noise Reduction: Berfungsi untuk memperbaiki warna dalam foto yang over.




Kelima
Ini bukan langkah terakhir, karena sebenarnya dibalik bagus atau tidaknya ke-empat langkah di atas adalah Preset. Preset merupakan filter di dalam lightroom. Sebelum menggunakan ke-empat langkah di atas, aku terlebih dulu menggunakan preset.
Aku memiliki beberapa preset, dan foto yang menjadi contoh dalam #SharingBareng Part 1 aku menggunakan jenis preset February Riana Age. Dalam item February ini ada 16 preset, salah satunya February Riana Age.
Untuk pembahasan preset, next time aku akan #SharingBareng kalian lagi.

Segitu dulu ya? #SharingBareng Part 1 kali ini merupakan real of my opinion. Jika ada salah dalam penyampaian info ini, tolong berikan masukan yang baik dan benar.
Sekian, Jangan lupa SHARE ke teman-teman kalian ya!

Komentar