#SharingBareng Part 2: Kenalan Dengan Preset

Hasil preset February GP Indoor 

Hello gaes...
Aku balik lagi nih nepatin janji di tulisan #SharingBareng Part 1. Kali ini aku bakal kulik sedikit tentang preset lightroom.

Apa itu preset?
Oke, jadi preset itu ibaratnya filter di aplikasi foto (ex: VSCO X). Nah, kalian imajinasiin aja kalau preset itu hasilnya kaya ngerubah filter di foto. Tapi, ada bedanya nih, preset itu formatnya RAW. Weeeewww anak fotografi pasti ngertilah.

Gimana sih tampilan presetnya?
Gambar di samping itu adalah contoh dari Gypsea Preset. Kok ada banyak gitu? iyaa gaes, Contoh yang di samping adalah preset dengan nama yang sama dan isinya ada 6 preset dengan saturasi warna yang berbeda. Bedanya gak jauh lah...
Fungsinya preset ini banyak lho, foto yang redup bisa jadi terang, yang terang bisa jadi gelap.
Tapi, yang aku suka dari preset adalah komposisi warna di dalam foto jadi makin hidup. Contohnya foto sunset, nah warna orange dari langit senja itu bisa makin hidup dengan bantuan preset.
Eiitsss... sebentar, gak semua preset itu sesuai dengan foto yang kita miliki. Contohnya, untuk Gypsea ini lebih cocok foto sunset.
Gimana untuk February yang fotonya ada di atas?
Nah, kalau yang February ini isinya ada 16 preset, untuk contoh foto yang di atas aku pakai February Gp Indoor, dimana hasilnya membuat gambar sedikit gold, warna hijau sedikit beku, warna hitam lebih menonjol, begitu juga warna putih.
Perlu kalian garis bawahi bahwa preset ini juga butuh sentuhan untuk menyesuaikan dengan foto, nah kalau kalian udah baca tulisanku tentang #SharingBareng Part 1, kalian pasti paham.
Dapat preset dari mana?
Aku pribadi sih dapet preset karna ikutan give away, kemudian alhamdulillah menang dan dapet preset sesuai dengan pilihan aku. Nah, karna yang menang itu ada 10 orang, jadi aku kontak satu persatu dari mereka buat tukeran preset. Good idea bukan? hehehe

Tahu preset dari mana?
Kalian stalking aja akun instagramnya @doyoutravelpresets atau @doyoutravel. Pemilik akun itu adalah Jack Morris, dia juga menjual preset hasil buatannya sendiri. Contohnya: Bali Preset yang isinya ada 9, Gypsea yang isinya ada 6, dan lainnya.

Hasil preset yang lain dong!
Baiklah, kalian bisa stalking juga akun instagram aku instagram.com/retnowulanndary/ (@retnowulanndary). Kalian klik aja salah satu highlight yang judulnya "EDIT?" di sana ada hasil dan keterangan foto yang aku edit.

Pengen dapetin preset?
Next tulisan aku bakal bagi-bagi preset secara GRAAATIISSSS.....!

Kalau gitu, udah dulu ya #SharingBareng Part 2 kali ini, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di #SharingBareng Part 3.

Komentar